Sourcecode Aplikasi Quick Count Pilkada

0
272
quick count java
aplikasi quick count java

Download Sourcecode Aplikasi Quick Count Pilkada Menggunakan Java Netbeans dan Database Mysql

Aplikasi Quick Count suara ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java netbeans dan Database Mysql. sourcecode ini bisa anda kembangkan untuk membuat sistem pengolahan data pemilihan umum kepala daerah yang lebih sempurna, atau untuk bahan belajar pemrograman java netbeans.

bisa dibuka di software java netbeans versi 7 keatas, fitur aplikasi ini cukup lengkap antara lain:

  • Menu Login
  • Menu Utama
  • Data Calon Pilkada
  • Data TPS
  • Data Pemilihan (perhitungan suara)
  • dan fitur lainnya

Download Sourcecode

download


Pengertian Quick Count

Quick Count atau Hitung cepat atau jajak cepat adalah sebuah metode verifikasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel. Berbeda dengan survei perilaku pemilih, survei pra-pilkada atau survei exit poll, hitung cepat memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi, karena hitung cepat menghitung hasil pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden. Selain itu, hitung cepat bisa menerapkan teknik sampling probabilitas sehingga hasilnya jauh lebih akurat dan dapat mencerminkan populasi secara tepat. Hitung cepat lazim dilakukan oleh lembaga atau individu yang memiliki kepentingan terhadap proses dan hasil pemilu.

Tujuan Quick Count

Tujuan dan manfaat dari hitung cepat adalah agar pihak-pihak yang berkepentingan memiliki data pembanding yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kemungkinan kecurangan yang terjadi pada proses tabulasi suara.

Manfaat Quick Count

Dengan hitung cepat, hasil pemilu dapat diketahui dengan cepat pada hari yang sama ketika pemilu diadakan. Jauh lebih cepat dibandingkan hasil resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memakan waktu lebih kurang dua minggu. Selain itu dengan hitung cepat biaya yang dibutuhkan jauh lebih hemat daripada melakukan penghitungan secara keseluruhan.

Metode Metode Quick Count

Random sampling

Ini adalah cara pengambilan sampel yang random atau acak. Misalnya anda ingin tau rata-rata berat badan temen sekelas. Kalau satu kelas ada 40, anda bisa memberi nomot seluruh anak di kelas tersebut dari nomor 1 sampai nomor 40. Tinggal lihat daftar absen saja.

Systematic sampling

Selain random sampling, ada lagi yang namanya systematic sampling. Misalnya, setelah seluruh data kamu kasih nomor, kamu tentukan kira-kira mau mengambil berapa sampel.

Cluster sampling

Nah, cara sampling berikut ini adalah membagi populasi itu berdasarkan cluster-cluster. Misal, kamu bagi 40 siswa di kelas berdasarkan tempat duduknya. Yang duduk di depan itu cluster nomor 1, berikutnya cluster nomor 2, dan seterusnya. Terus, anda tentukan secara random untuk mengambil satu cluster saja

Stratified sampling

ini yang sering dipakai oleh lembaga survei untuk Quick Count. Jadi konsepnya. Sebelum mengambil sampelnya, kamu bagi dulu menjadi strata-strata. kamu juga bisa memuat hasil quick count lebih akurat menggunakan aplikasi quick count yang bagus. sumber