Bahasa Pemrograman Java Netbeans

Home » Artikel » Bahasa Pemrograman Java Netbeans
Java Netbeans

Java Netbeans

NetBeans adalah platform pengembangan perangkat lunak yang populer, kebanyakan untuk Java, yang menyediakan wizard dan template untuk membantu pengembang membuat aplikasi dengan cepat dan mudah. Ini mencakup komponen modular di berbagai alat, dan dilengkapi dengan IDE (integrated development environment) yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi dengan menggunakan GUI.

Sementara NetBeans terutama merupakan alat untuk pengembang Java, namun juga mendukung PHP, C dan C ++ dan HTML5.

Sejarah Netbeans

Asal-usul NetBeans berasal dari sebuah proyek universitas di Universitas Charles Praha di Republik Ceko pada tahun 1996. Yang menawan disebut IDE Zelfi untuk Java (sebuah lepas landas bahasa pemrograman Delphi), NetBeans adalah IDE Java pertama yang pernah ada. Para siswa sangat antusias dan bekerja untuk mengubahnya menjadi produk komersial. Pada akhir tahun 90an, diakuisisi oleh Sun Microsystems yang mengintegrasikannya ke dalam perangkat Java dan kemudian menyerahkannya ke open source. Pada bulan Juni 2000, situs netbeans.org yang asli diluncurkan.

Oracle membeli Sun pada tahun 2010 dan dengan demikian juga mengakuisisi NetBeans, yang berlanjut sebagai proyek open source yang disponsori oleh Oracle. Sekarang tinggal di www.netbeans.org.

Kemampuan Netbeans?

Filosofi dibalik NetBeans adalah menyediakan IDE yang dapat diperluas yang menyediakan semua alat yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi desktop, enterprise, web dan mobile. Kemampuan untuk menginstal plug-in memungkinkan pengembang untuk menyesuaikan IDE dengan selera pengembangan masing-masing.

Selain IDE, NetBeans menyertakan Platform NetBeans, kerangka kerja untuk membangun aplikasi dengan Swing dan JavaFX, toolkit Java GUI. Ini berarti bahwa NetBeans menyediakan menu pluggable dan item toolbar, membantu mengelola jendela dan melakukan tugas lain saat mengembangkan GUI.

Berbagai bundel dapat didownload, tergantung pada bahasa pemrograman utama yang Anda gunakan (misalnya, Java SE, Java SE dan JavaFX, Java EE).

Meski tidak terlalu penting, karena Anda dapat memilih bahasa mana yang akan diprogram melalui manajer plug-in.

Fitur Utama

  • Swing GUI Builder: Seret dan lepaskan komponen Swing untuk membangun aplikasi GUI.
  • Toolkit JavaFX UI: Bekerja dengan JavaFX dengan cara yang sama seperti Swing, dengan mudah menggabungkan komponennya.
  • Kolaborasi Pengembang: Bekerjalah dengan pengembang lain untuk menggunakan NetBeans melalui Komunitas Netbeans yang mencakup forum, tutorial, materi pelatihan dan “Tim Impian NetBeans”, sekelompok penggemar yang berkomitmen.
  • Netbeans Platform: Platform NetBeans modular menyediakan API untuk membantu aplikasi desktop lebih mudah dengan menangani beberapa tugas yang lebih umum yang terlibat dalam pengembangan aplikasi Swing.

NETBEANS RELEASES DAN PERSYARATAN

NetBeans adalah cross-platform, artinya berjalan pada platform apa pun yang mendukung Java Virtual Machine termasuk Windows, Mac OS X, Linus dan Solaris.

Meski open source – yang berarti dijalankan oleh masyarakat – NetBeans mematuhi jadwal rilis reguler dan ketat. Rilis terbaru adalah 8.2 pada bulan Oktober 2016.

NetBeans berjalan di Java SE Development Kit (JDK) yang mencakup Java Runtime Environment serta seperangkat alat untuk menguji dan debug aplikasi Java.

Versi JDK yang dibutuhkan bergantung pada versi NetBeans yang Anda gunakan. Semua alat ini gratis.

 

Tulis Komentar anda

JASAKODING.ID

Jln ZA Pagar Alam NO.103, Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung, 35145

CONTACT US

email: jasakoding.id@gmail.com
SMS/WA  :0812-1111-2231

Berlangganan (Gratis)

Jasa Pembuatan Software dan Website
error: Content is protected !!